PRESS RELEASE

GRAND LAUNCHING “JELAGA ROMAN CINTA” PRESS RELEASE




GRAND LAUNCHING “JELAGA ROMAN CINTA”


Sebuah pementasan kesenian yang diangkat dari buku Jelaga Roman Cinta, sebuah kumpulan apresiasi sastra dan visualisasi puisi karya Joan Arae yang akan diluncurkan 5 Desember 2010.

***

Saat imaji hampir meraih ambang nyata

Tiba-tiba riuh gemuruh ditabuh

Fatamorgana runtuh

Jiwa melumpuh

Asa terbunuh dalam penjara resah

Mimpi indah tak mampu lagi bermegah

Roman cinta berubah menjadi jelaga

(Jelaga Roman Cinta – 2010)



Buku yang berisi kisah perjalanan panjang penuh liku mengumpulkan kembali satu per satu reruntuhan imaji asa yang mengabur ketika seseorang mendekap lenyap fatamorgana, perjuangan melawan gundah belenggu emosi hingga gravitasi mampu melahirkan independensi pada diri.


Ditemui di sela-sela kesibukannya mempersiapkan acaranya, Joan menyatakan “Karya-karya saya masih jauh dari sempurna, namun pada karya yang akan diterbitkan kali ini, saya cukup puas dengan substansi yang saya bagi. Buku ini berisi kumpulan apresiasi saya terhadap sastra yang pada konteks ini adalah karya literasi jenis puisi, buku ini juga berisi visualisasi puisi yang saya buat untuk memberikan pencitraan pada setiap cerita yang ada di sana. Ide cerita berangkat dari seringnya saya menemukan fenomena ketika seseorang putus cinta, hidupnya menjadi hampa, bahkan sampai lupa bahwa ia masih bernyawa dan masih berpijak di dunia. Hal itu juga yang pernah saya rasakan, sampai pada satu ketika saya bertemu dengan titik balik hidup yang membawa kesadaran saya mampu kembali berdiri sendiri, dan tidak takut untuk berlari lagi mengejar mimpi walaupun masih dalam kondisi patah hati. Bagi saya, patah hati, luka, atau apapun yang rasanya berat untuk dilewati itu adalah sebagian kecil dari proses pembelajaran dalam hidup yang pasti akan dilalui oleh setiap individu. Hanya masalah terbiasa atau tidak, dan menurut saya membiasakan diri pada kondisi-kondisi tersebut bukan hal yang tak mungkin, justru itu adalah pilihan terbaik untuk akselerasi fasa. Bagi saya semua itu bukan masalah waktu, bukan juga masalah mampu atau tidak, tapi masalah mau atau tidak. Saya percaya bahwa seseorang yang ingin menjadi lebih kuat pasti akan mengajak dirinya untuk mau memperluas batas toleransi asa dan rasa untuk bisa melewati semua fasa dengan lebih sempurna.”


***


Ketika kata berdialog dengan citra, ketika citra mengangkat dan memperdalam kata.

Dr. I. Bambang Sugiharto – Guru Besar Estetika, Pengamat Sastra.


Bagus dan luar biasa sekali… Proses pencarian jati diri yang berani kamu ungkapkan dalam bentuk puisi indah. Karena kamu mengijinkan dirimu untuk melakukan proses tersebut. Tidak banyak orang berani mengijinkan dirinya berproses dan diungkapkan dalam bentuk karya sastra. Joan, you are one of a kind person! Excellent work of art.

Treesye NRA Prawirosurojo, MA, MFCC – Psikolog & Family Therapist, Ketua Lembaga Bantuan Psikologi & Mediasi S. A. T. U. Consulting.


Buku Jelaga Roman Cinta memadukan seni literasi dengan seni ilustrasi dan fotografi yang dikemas manis dalam sebuah kumpulan apresiasi sastra dan visualisasi puisi oleh Joan Arae. Selain bertumpu pada alur cerita yang kuat, sederet ilustrasi dan fotografi ikut merepresentasikan rasa yang terkandung di dalam puisi-puisi karya Joan Arae. Buku ini sangat menarik untuk dibaca, bahasanya sederhana namun memiliki makna yang mendalam.


Joan adalah sosok gadis muda yang dikenal berbakat dan memiliki karakter yang kuat. Dalam bukunya kali ini, ia dengan berani menuangkan kejujuran perasaannya dalam deretan puisi-puisi indah, membagikan proses hidupnya lewat karya-karyanya yang inspiratif. “Sampai saat ini, aku cuma bisa berbagi lewat karya. Buku ini juga salah satu upayaku untuk berbagi dengan khalayak ramai. Ya semoga bisa berguna dan banyak yang suka..” ujarnya ramah.


***


Proyek Grand Launching Jelaga Roman Cinta ini bermula dari keinginan Joan untuk melahirkan kembali apresiasi terhadap seni, khususnya sastra. Dengan tema melahirkan kembali apresiasi seni, pementasan seni peran, musik, dan tari dikolaborasikan dalam sebuah pertunjukkan besar yang diangkat dari isi buku Jelaga Roman Cinta. “Karna sebenarnya puisi itu tidak hanya bisa dinikmati dalam bentuk tulisan, ilustrasi, maupun fotografi seperti yang ada di dalam buku. Puisi juga bisa dinikmati dalam bentuk pertunjukkan musik, teater, tari, bahkan film. Aku ingin mengolaborasikan kesenian tradisional dan kontemporer, tujuanku ingin mengingatkan bahwa semua itu sebenarnya saling berkaitan. Yang dianggap konvensional itu kan mengalami proses evolusi hingga menjadi kontemporer baru akhirnya dianggap kekinian. Prinsipku sejarah bukan untuk dijajah, dan itu berlaku pula pada tataran kesenian. Jadi konvensional maupun kontemporer bagiku adalah setara, tidak saling menggantikan, juga tidak saling menghilangkan, ada di satu garis perkembangan masa.” tutur Joan mengenai proyeknya.


Joan sangat serius dan intens dalam proses persiapan, ia menolak untuk membuat dikotomi acara seni atau acara sosial. “Acara ini diadakan untuk mensosialisasikan bahwa karya seni bukan hanya bisa dinikmati oleh orang yang bergelimangan materi saja. Karya seni bisa dinikmati oleh semua orang, tanpa mengklasifikasikan status sosial maupun kedudukan individualnya dalam kehidupan bermasyarakat.”


Bagi Joan, acara Grand Launching Jelaga Roman Cinta adalah tantangan untuk mepertunjukkan kesenian yang memiliki sentuhan tradisional dan elemen kontemporer. Ia mengungkapkan meski acara ini menggunakan latar belakang budaya Sunda, bukan berarti budaya-budaya lainnya tidak dapat dipadu dengan karyanya. “Kalau aku punya kesempatan, aku ingin sekali bisa membuat satu cerita yang kemudian dipertunjukkan dengan melibatkan berbagai kebudayaan yang ada di Indonesia sebagai bentuk apresiasi terhadap kekayaan dan keanekaragaman bangsa.”


Acara GRAND LAUNCHING JELAGA ROMAN CINTA dijadwalkan untuk dipentaskan kepada umum 5 Desember 2010, dengan sebelumnya diadakan KOMPETISI FILM PENDEK dan MEET & GREET JELAGA ROMAN CINTA.


Untuk informasi dan perkembangan acara GRAND LAUNCHING JELAGA ROMAN CINTA, silahkan kunjungi halaman www.facebook.com/jeerce dan www.joan6.wordpress.com/jrc atau hubungi project manager : Nana (0857-203-28223). Email : jelagaromancinta@yahoo.com.




TENTANG JOAN ARAE


Muda, cerdas, kritis, dan memiliki beragam aktivitas, itulah sosok Joan Arae yang lahir di Jakarta 16 Juni 1988. Latar belakang pendidikan di jurusan Teknik Kimia tidak menjadi penghalang baginya untuk menggeluti bidang seni, mulai dari musik, peran, ilustrasi, literasi, sampai fotografi semua akrab menjadi kegiatan sehari-harinya. Perempuan dengan wawasan yang luas serta kepribadian yang rendah hati ini tidak pernah kesulitan untuk menyesuaikan diri di manapun ia berada. Ia adalah seseorang yang senang diajak berdiskusi, baik itu mengenai bidang teknik kimia, seni, budaya, sosial, broadcast, olahraga, ekonomi, industri, psikologi bahkan politik. Selain sebagai chemical engineer dan penulis, Joan juga aktif di berbagai organisasi. Kini ia terdaftar sebagai salah satu talent artist di salah satu manajemen artis ternama di Jakarta. Informasi lebih lanjut mengenai Joan dan karya-karyanya bisa didapat dari www.joan6.wordpress.com.


Buku Jelaga Roman Cinta merupakan buku pertama karya Joan Arae yang diterbitkan dalam dua edisi : cetak (buku) dan digital (ebook).







Advertisements
Comments
10 Responses to “PRESS RELEASE”
  1. tak sengaja singgah di lamanmu ini
    aku langsung terpanah

  2. HeronArt says:

    must read.. 😀

    congrats for the book..

    I began to feel in love with you..ups..i mean, adore you! 😀

  3. Dvy r.a says:

    Joan..like everybody says moving on is hard to do!there must be so many things that ‘broken hearted’could do in different ways..(People have they preference rite..?)

    I’ve been in this fase for 3 years :(,hopefully reading your book could help me out..

    GOOD LUCK for grand launching yaa *hugs*

  4. vero sitepu says:

    GREAT JOB! SALUUUT!

  5. Dwi Sulistyanto says:

    Joaaaaaann…

    I’m so proud of u sista!
    U made it..GREAT!!

    🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Joan Arae


    "Art is my breath.. As long as I breathe, Art never dies.."

    A young energetic girl who realizes her existence in this world as a human learner and kept asking in her mind "Why I can't stop thinking & doing here?".

    Gonna be on top! ♥

%d bloggers like this: