Sumpah Pemuda


Soempah Pemoeda


Satoe : Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe bertoempah darah jang satoe, Tanah Air Indonesia

Doea : Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, Bangsa Indonesia

Tiga : Kami poetra dan poetri Indonesia mengjoen-joeng bahasa persatoean, Bahasa Indonesia





Djakarta, 28 Oktober 1928




derap kata per kata melangkah selaras dalam barisan tegap kalimat-kalimat pada garis-garis paragraf




sumpah itu masihkah nyata adanya?

atau..

hanya selalu dirayakan tanpa pemaknaan?




Satu

atau..

Palsu ?




Dua puluh dua tahun sudah saya bernafas di bumi Indonesia,

Tapi sekalipun saya belum pernah merasakan kesejukkan persatuan yang didengungkan setiap pembacaan pembukaan Undang-Undang Dasar Empat puluh Lima..

Saya yang memang tidak menyadari keberadaannya atau memang persatuan itu sedang disembunyikan untuk sementara?

Tapi… Mengapa?

Atau mungkin persatuan sedang dalam perbaikan?

Tapi… Sampai kapan?




Sempatkah saya merasakannya.. nanti?

Bagaimana jika saya keburu.. mati?

 


Saya takkan lelah menanti

Hingga kita mampu menyatukan hati




Saya ingin

Sungguh saya ingin..

Saya rindu

Saya rindu bersatu..




Bergandengan tangan sebagai satu bangsa

Saling merangkul dalam kehidupan bernegara

Berbagi canda tawa

Dengan satu bahasa yang sama




Kita sama-sama lahir di sini,

Kita hirup udara yang sama setiap pagi

Tapi mengapa setiap saya berusaha menggapai

Jurang malah semakin meninggi




Saya hanya ingin berbagi

Bukan ingin mencuri




Kita saling memiliki

Tapi yang terjadi,

Mengapa malah saling membenci?




Menuding satu sama lain

Saling menyalahkan




Selalu perpecahan

Yang tampak di hadapan

Di mana persatuan?




Kamu.. Kamu.. Dan.. Kamu

Tidakkah inginkan itu?

Ber..satu ?




Saya akan tetap menunggu

Sampai nama terukir di atas batu

Saya ingin bersatu,

Hanya itu.

Leave a Reply

  • Joan Arae


    "Art is my breath.. As long as I breathe, Art never dies.."

    A young energetic girl who realizes her existence in this world as a human learner and kept asking in her mind "Why I can't stop thinking & doing here?".

    Gonna be on top! ♥

