my reflection, just read


sering kali saya melihat ditayangkan di tv betapa masih banyaknya orang2 yg hidup dengan keadaan finansial yg bs dikatakan sangat di bawah normal..tapii mereka sungguh kaya akan ketulusan kasih sayang..spt perjuangan seorang anak untuk bs membelikan susu untuk adiknya dan indomie + telur utk makan orang tuanya yg membuat saya sangat sulit menahan linangan air di pelupuk mata saya.. huff ..
tapii, di sekitar saya ada jg orang2 yg hidup dengan keadaan finansial di atas rata2, bergelimang harta, tapi masih saja rebutan harta warisan dengan saudara2nya ketika orang tuanya meninggal, beradu licik supaya bs mendapatkan jatah yg lebih .. bukannya berduka malah mikirin warisan.. terbersit di pikiran saya ‘gmn ya perasaan si orang yg meninggal ?’ pasti almarhum malah sulit beristirahat dengan tenang.. mksdny mungkin meninggalkan warisan supaya anak2nya lebih makmur eh kok malah jd rebutan saling tusuk antar saudara ? menurut saya tragis sekali orang2 yg hidup dengan kemiskinan moral yg parah .. khilaf krn harta ataupun tahta .. bahkan lebih tragis dibanding mereka yg miskin harta..

memperhatikan kondisi negara tercinta Indonesia ini.. hmm.. banyak sekali berita yg mengabarkan ttg keadaan negara yg sedang kurang baik.. miris hati melihat para calon pimpinan negara yg berebut kekuasaan dgn cara yg terkadang saya anggap kurang tepat .. memberikan judging kepada mereka sebenarnya saya belum pantas, apalagi saya tidak pernah berdiskusi langsung dengan mereka shg tdk pernah tau alur pemikiran mereka ..saya mengerti posisi pimpinan di negara ini sangat sulit dan tanggung jawab yg dipikulpun sangat berat.. hrs mengorbankan sebagian besar hidup untuk mengurus segala aspek kehidupan bangsa..tapii apapun yg dilakukan oleh si pimpinan sering kali dipersalahkan oleh kelompok tertentu atau individu .. garis bawahi bahwa saya bukan simpatisan salah satu calon pemimpin negara.. saya tidak pernah tau pimpinan negara ini di dalam kepalanya berfikir apa, hanya saya berfikir positif .. betapa sulitnya beliau harus memikirkan nasib jutaan warga negara, entah apa saja pengorbanan yg telah beliau berikan untuk memajukan bangsa dan negara.. tapii masih saja banyak orang yg mencaci maki beliau entah itu cara memimpinnya atau manajemen penyelesaian masalahnya, everything .. banyak sekali orang yg memberikan pernyataan negatif ttg beliau setelah apa yg telah beliau usahakan lakukan dan korbankan.. pernahkah memikirkan jika kita ada di posisi beliau ? mampukah kita berbuat lebih dr beliau ? tdk ada manusia yg sempurna, kesempurnaan hanya milik Yang Kuasa..

agak meluas.. manusia itu semakin pintar malah semakin menyeramkan..
bandingkan saja jaman dulu dengan jaman sekarang .. perbedaan yg sangat signifikan ya dr pola hidup manusianya .. teknologi semakin memanjakan kehidupan manusia dan membuat egoisme individualpun meningkat.. ga ada orang yg bs kita percaya selain diri kita sendiri .. manusia menghalalkan segala cara utk meraih kebahagiaannya bahkan tega merenggut kebahagiaan orang lain..
dinamika kehidupan emang menarik bgt utk terus ditilik, supaya kita bs lebih menghargai kehidupan, bs lebih memandang positif terhadap segala hal yg terjadi..

ada baiknya kita ga terlalu mudah mengeluarkan judging terhadap orang lain, mencoba berfikir luas jgn cuma melihat apa yg telah terjadi, tapi juga menengok proses hingga hal tersebut bs terjadi dan baru membuat kesimpulan yg fair..saya yakin kita manusia yg jauh dari sempurna ini akan semakin manusiawi, semakin dewasa dan semakin layak utk hidup jika memulai segala sesuatu yg akan kita lakukan dengan itikad baik dan berfikir positiflah pada sekitar, serta sadar akan keterbatasan setiap individu.. tindakan preventif pasti diperlukan, prepare for the worst istilah akrabnya, namun jangan sampai berlebihan curiga ..pasti hidup kita akan terasa lebih ringan dan tentram ..

di paragraf terakhir tulisan ini saya hanya ingin menuliskan harapan semoga kita masih bs jadi manusia yg minimal masi punya pemikiran dan keinginan untuk hidup yg baik.. wlpn masih akrab kita dengan kesalahan.. ya minimal kemauan dan usaha ada utk jd seseorang yg semakin baik setiap harinya.. krn bermula dr niat itu harapan saya ini bs terwujudkan..
God Bless Us, like always .. 🙂
life is like upside down but all of us just don’t know like what it should, enjoii !

Leave a Reply

  • Joan Arae


    "Art is my breath.. As long as I breathe, Art never dies.."

    A young energetic girl who realizes her existence in this world as a human learner and kept asking in her mind "Why I can't stop thinking & doing here?".

    Gonna be on top! ♥

